Hai hai tulisanku kali ini mengitip pengunaan Ms. Publisher pada kehidupan kita... seperti buat Piagam, Sertifikat, Kartu Nama, Pampflet, dan masih banyak yang lain yang bisa kita manfaatkan dengan menggunakan Ms. Publisher, jadi gak usah bingung lagi nyari aplikasi buat gituan... sudah disediakan kok.. seperti kita ketahui, seringkali kita ribet dalam pengetikan nama-nama untuk mengisi Piagam, Serifikat satu per satu??? Apalagi namanya nyampek ratusan :( bisa kelilipan mata kita ngetik hahhaha. Ditambah letak posisinya harus di atur satu per satu. Nah, dengan menggunakan manfaat lain dari merge dengan dijadikan menjadi sebuah database dimana kita hanya menyimpan sebuah atribut yang memang isinya adalah nama-nama yang akan di cetak di sertifikat.
Langkah 1
Buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft
Excel melalui menu Start – All Program – Microsoft Office – Microsoft Excel.
Tampilan Microsoft Exel |
Langkah 2
Buat
Data meliputi Nomer Sertifikat, Nama, Jenis Pelatihan, Nilai, Predikat, dan
Keterangan seperti gambar di bawah ini.
Langkah 3
Untuk mengisi “Predikat” dengan nilai
yang sudah dibuat lakukan dengan menggunakan rumus IF, klik pada kolom predikat
dan tulis rumus IF. Untuk kolom predikat kita harus mengetik =IF(D3<=70,"Kurang","Baik").
Lalu tekan Enter.
Langkah 4
Lakukan hal yang sama untuk “Keterangan”
yaitu dengan menggunakan fungsi IF. Dengan cara tekan =IF(D3<=70,"Mengulang","Lulus").
Lalu tekan enter, maka akan berubah menjadi seperti ini:
Data setelah di Enter |
Setelah semua data terisi, Simpan
Dokumen dengan cara Klik File – pilih SAVE AS – Simpan dokumen dan beri nama dokumen sesuai dengan yang anda inginkan.
File tersebut maka akan
tersimpan seperti pada gambar berikut ini :
Langkah 1
Buka
terlebih dahulu aplikasi Microsoft Publisher melalui menu Start – All Program –
Microsoft Office – Microsoft Publisher.
Langkah 2
Setelah aplikasi terbuka, pilih menu
New, lalu di bagian “More Templates” klik pilihan Award Certificates.
Langkah 3
Setelah muncul pilihan klik yang Black
sizes (A4 Landscape), lalu klik tombol “Create” yang terletak pada sisi kanan
bawah. Anda juga bisa menggunakan desain yang langsung jadi pada “Installed
Templates”.
Desain Publisher langsung jadi |
Langkah 4
Pada
halaman Publisher yang masih kosong, dapat kita hias dengan cara menambahkan border
yaitu dengan klik Insert – Borders & Accents. Lalu perlebar border sampai
batas kertas.
Border yang akan di perlebar |
Langkah 5
Untuk mempercantik sertifikat kita juga
bisa menambahkan gambar yaitu dengan klik Format – Shape Fill – Picture – Open.Langkah 6
Tambahan
logo organisasi dengan cara klik Insert – Picture – Insert.
Langkah 7
Pada halaman yang kosong anda dapat
menambahkan tulisan sesuai selera. Misalnya seperti dibawah ini.
Langkah 8
Kemudian
mulailah melakukan mail merge dengan cara klik mailings – Select Recipients –
Use Existing List – Pilih data yang akan anda mailing – open.
Data Excel yang akan di Mailing |
Langkah 9
Langkah 10
Langkah 11
Jika jenis font atau ukurannya masih tidak sesuai dengan yang kita kehendaki, kita dapat mengubahnya dengan cara menseleksi terlebih dahulu tulisan, lalu kita ganti jenis font dan ukurannya.
Langkah 12
Untuk
melihat hasilnya dengan cara klik Preview Results – Next Record sampai nama
orang terakhir.
Dan
hasilnya akan muncul seperti dibawah ini
Langkah 13
Untuk menyimpan sertifikat, yaitu dengan
cara klik File – Save - Ok.
Langkah 14
Selesai.
Terima kasih :)
Terima kasih :)
good job
BalasHapusbikin sertifikat excel mudah
terima kasih ya
Coba pas diprint preview itu knp jd ada 4
BalasHapuscopas bos tuk praktik. nwn
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus